6 Cara Mendeteksi Kanker Payudara Saat Masa Kehamilan

6-Cara-Mendeteksi-Kanker-Payudara-Saat-Masa-Kehamilan

Sebelum merencanakan kehamilan, Bunda harus melakukan banyak tes sebagai calon Ibu yang perduli dengan kesehatan. Salah satu hal yang perlu diwaspadai saat masa kehamilan adalah deteksi dini kanker payudara.

Setiap wanita mungkin saja punya potensi besar terserang kanker payudara, dan tidak menutup kemungkinan serangan itu terjadi saat masa kehamilan. Nah, untuk langkah pencegahan, sebaiknya Bunda mendeteksi dini kanker payudara dengan melakukan beberapa hal seperti brikut:

  • Self evaluation

Self evaluation atau memeriksa sendiri secara pribadi adalah langkah awal yang bagus untuk mendeteksi adanya benjolan atau tidak. Dan ini akan membuat Bunda lebih tenang.

  • Mammograph

Mammograph menggunakan sinar X untuk mendeteksi bagian dalam payudara. Saat melakukan penyinaran, penting sekali menghindari radiasi pada bagian perut, jadi pastikan dokter memeriksa hanya pada bagian payudara saja.

  • Ultrasosnografi

Pemeriksaan ini dilakukan untuk membedakan jaringan padat payudara dan kistik sehingga dokter mengetahui adanya jaringan yang tumbuh tidak normal di dalam payudara.

  • Biopsi

Pemeriksaan biopsi mungkin diperlukan untuk pemeriksaan lebih detail. Biasanya cairan tubuh atau sedikit jaringan tubuh akan diambil untuk pemeriksaan lab. Ini adalah salah satu deteksi paling efektif kanker payudara.

  • MRI Payudara

Dengan bantuan gelombang radio dan magnetik, proses pemeriksaan ini bisa memberikan hasil yang detail. Cara ini membantu dokter menemukan ada tidaknya jaringan abnormal yang berkembang di payudara.

  • Pathologi

Pemeriksaan pathologi bisa jadi cara efektif melihat kondisi payudara selama kehamilan dan dengan bantuan hormon yang tidak seimbang, justru bisa membedakan ada tidaknya sel-sel abnormal yang tumbuh di payudara.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>