Anak Suka Baca Buku Jika Bersama Orangtua

Anak-Suka-Baca-Buku-Jika-Bersama-Orangtua

Berdasarkan penelitian yang diuji oleh American Academy of Pediatric, sebuah lembaga yang menaungi sejumlah dokter anak di Amerika Serikat (AS), menganjurkan para orangtua untuk rajin membacakan buku pada bayi, terutama sejak berusia enam bulan.

Soalnya, ritual bercerita ini dapat menumbuhkan minat baca anak saat usia mereka menjelang dewasa.

Belakangan ini, himbauan orangtua untuk rajin membacakan buku pada anak semakin kencang digaungkan. Menurut data dari studi US-Based Children’s Publisher Scholastic, dikutip Kompas Female, jumlah orangtua yang masih membacakan cerita pada bayi berusia tiga bulan atau kurang hanya mencapai 30 persen.

Merasa Konyol

Penyebabnya adalah banyak orangtua yang merasa konyol membacakan buku pada bayi yang belum mengerti apa-apa. Padahal, manfaat dari membaca buku ini sangat berguna kelak bayi tumbuh dewasa.

Perlu anda ketahui, bayi yang tidak biasa mendengar ibu atau ayah membacakan cerita padanya menyebabkan mereka jadi malas membaca saat bersekolah nanti.

Studi menyebutkan, presentasi anak berusia 6-17 tahun yang hobi membaca menurun hingga enam persen. Penurunan ini lebih banyak terjadi pada anak lelaki ketimbang anak perempuan.

Kondisi ini disebabkan karena saat usia anak bertambah, orangtua semakin malam meneruskan kebiasaan membacakan cerita.

Menurut data yang diperoleh US-Based Children’s Publisher Scholastics, jumlah orangtua yang membacakan buku pada anak berusia anak balita mencapai 54 persen, kemudian menurun hingga 34 persen kala buah hati berusia 9-11 tahun. Jumlah itu terus menurun sampai nol persen ketika si kecil berusia di atas 11 tahun atau beranjak remaja.

Perlu anda ketahui, studi ini juga mengungkapkan, 40 persen anak mengaku masih ingin dibacakan cerita oleh orangtua meskipun sudah masuk ke usia remaja, namun mereka berharap. orangtua memilih jenis buku yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak berdasarkan usia karena para anak merasa rutinitas membaca buku membuat mereka merasa lebih dekat dan mudah berkomunikasi dengan orangtua.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>