Antisipasi Saat si Kecil Demam

Antisipasi-Saat-si-Kecil-Demam

Demam merupakan keluhan kesehatan yang umum terjadi pada anak. Sekitar 30% dari total kunjungan orang tua ke dokter adalah karena keluhan anak demam. Walaupun banyak orangtua memberikan obat penurun panas, perlu ditekankan bahwa tujuan utama obat tersebut adalah membuat anak merasa nyaman, bukan mempertahankan suhu yang normal. Antisipasi saat si kecil demam adalah hal yang wajib ibu ketahui.

Simak cara mengantsipasi ketika anak demam berikut ini :

    • Awasi tanda bahaya : anak demam tinggi (>39C), anak rewel, kaki terasa dingin, anak lebih sering tidur, malas minum, buang air kecil semakin jarang maka segera bawa anak ke dokter.
    • Pemberian kompres air hangat (bukan dingin) pada dahi, ketiak, dan lipatan siku dapat membantu menurunkan demam pada anak.
    • Parasetamol merupakan pilihan lini pertama untuk menurunkan demam dan menghilangkan nyeri.
    • Segera bawa ke dokter jika : demam disertai kejang, demam tidak turun dalam 2 hari, demam disertai bintik merah, perdarahan di hidung dan atau buang air besar berwarna hitam.

 


Bagaimana mengatasi anak yang kejang demam berulang ? apakah epilepsi dapat disembuhkan ? apakah setiap kejang demam harus dibawa ke rumah sakit ?

Kejang demam berulang dapat diberikan obat rumatan anti kejang sesuai saran dokter. Epilepsi dapat disembuhkan. Bila anak sedang dalam terapi obat rumatan rutin, maka anak tidak mengalami kejang lagi meskipun sedang demam, apabila masih terjadi kejang maka dosis obat rumatan harus disesuaikan kembali.

Apakah operasi amandel cara terbaik agar anak tidak kambuh-kambuhan demamnya ?

Operasi amandel harus sesuai dengan indikasi medis dan saran dokter, hindari pencetus radang tenggorokan seperti minuman dingin atau pedas dan berminyak terutama bila anak memiliki faktor risiko alergi.

Pertolongan pertama apa yang harus diberikan kepada anak yang terkena gejala demam sebelum memeriksakan ke dokter ?

Demam terjadi karena tubuh memberikan respon terhadap berbagai keadaan seperti kondisi dehidrasi, kelelahan, dll. Demam sendiri adalah peningkatan suhu tubuh diatas suhu normal. Suhu normal tubuh berkisar 36.5-37.5 derajat celcius. Saat si Kecil demam Ibu bisa kompres menggunakan air hangat pada bagian lipatan kulit seperti dahi, ketiak, leher, atau pangkal paha, sebagai penanganan pertama saat si Kecil demam.

Pada suhu berapa anak bisa dikatakan demam ? bagaimana pertolongan pertama jika anak step ?

Demam adalah peningkatan suhu tubuh diatas suhu normal yaitu lebih atau sama dengan 38C, bila anak step maka tetap tenang, longgarkan pakaian anak, miringkan anak kek kiri dan segera cari bantuan bila tidak tersedia obat kejang di rumah.

Apakah demam karena infeksi yang disebabkan virus tidak berbahaya ?

Pada dasarnya infeksi yang disebabkan virus dapat sembuh sendiri bila daya tahan tubuh anak baik oleh karena itu. Jika si Kecil demam lakukan pertolongan pertama dgn : kompreslah menggunakan air hangat, gunakan pakaian yang tipis dan menyerap keringat serta pantau suhu tubuh si Kecil, jika suhunya lebih dari 38 derajat dan anak gelisah atau rewel dapat diberi penurun panas, dan bila demam tidak turun selama 3 hari bawa anak ke dokter untuk dicari kemungkinan penyebab selain virus.

Kapakankah obat penurun panas melalui dubur dapat diberikan ?

Pemberian obat dari anus (rektum) bisa saja diberi untuk anak demam dan muntah namun tentunya harus dikonsultasikan dengan dokter agar pemberiannya lebih tepat dan sesuai dengan usianya. Jika anak demam, Ibu dapat lakukan kompres menggunakan air hangat didaerah lipatan seperti ketiak, leher dan dahi serta optimalkan asupan nutrisi. Jika tidak ada perubahan segera dibawa kedokter.

Apakah demam karena infeksi yang disebabkan virus tidak berbahaya ?

Demam merupakan respon normal tubuh, infeksi virus pada umumnya dapat sembuh sendiri bila daya tahan tubuh baik. Lakukan perawatan penunjang demam pada anak di rumah terlebih dulu dan bila demam tidak turun selama 3 hari bawa ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan penunjang, anak juga dapat dibawa segera ke dokter bila suhu >39C atau anak malas minum, rewel, kaki dan tangan dingin serta cenderung mengantuk.

Bolehkah tetap dimandikan pada saat anak sedang demam ?

Saat kondisi si Kecil demam sebaiknya jangan dimandikan terlebih dahulu. Ibu bisa bersihkan tubuh si Kecil dengan cara dibasuh menggunakan handuk kecil yang diberikan air hangat, agar kondisi tubuh si Kecil tetap bersih walau dalam keadaan demam.

Manakah yang lebih aman untuk Penurun Panas balita, paracetamol atau ibuprofen ?

Penggunaan Ibuprofen sebagai penurun demam pada anak diperbolehkan namun harus hati hati dengan efek samping saluran cerna (nyeri lambung). Parasetamol tetap digunakan sebagai penurun panas lini pertama untuk anak.

Kapan waktu yang tepat anak harus dibawa ke dokter ketika demam ?

Saat si Kecil demam dan suhu tubuh >38 derajat celcius sebaiknya langsung dibawa kedokter untuk mengurangi demamnya. Dan penanganan pertama yang dapat Ibu lakukan kompres si Kecil menggunakan air hangat dan perbanyak asupan nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
Demam adalah peningkatan suhu tubuh diatas suhu normal yaitu lebih atau sama dengan 38C. Umumnya terjadi karena tubuh memberikan respon terhadap infeksi atau terhadap berbagai keadaan (kelelahan, dehidrasi, dll). Jika demam disertai dengan dehidrasi, frekuensi buang air kecilnya berkurang dan berwarna pekat, rewel atau menangis terus menerus, lemas, tidur terus menerus dan sulit dibangunkan, sesak napas, muntah atau diare terus menerus segera konsultasi dengan dokter.

Apakah demam itu merupakan suatu penyakit ?

Demam belum tentu merupakan penyakit. Peningkatan aktivitas tubuh atau kurangnya cairan tubuh juga dapat menyebabkan suhu meningkat . Meningkatkan daya tahan tubuh dan rutin mengkonsumsi air minum dapat mengurangi peningkatan suhu tubuh.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>