Benarkah Susu Kedelai Memiliki Efek Samping Pada Ibu Hamil?

Benarkah-Susu-Kedelai-Memiliki-Efek-Samping-Pada-Ibu-Hamil

Seperti yang kita tahu, produk olahan dari kedelai ini sangat menyehatkan karena mengandung preotein tinggi dan 9 asam amino. Namun ada bebrapa penelitian yang menunjukan efek samping dari susu kedelai untuk Bunda yang sedang hamil. Apa saja? Mari kita simak penjelasannya.

Susu kedelai mengandung isoflavone, kandungan yang hampir serupa dengan estrogen. Konsumsi dosis tinggi dalam tes yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa tumor dan kelainan fisik ditemukan di anaknya. Beberapa wanita bisa saja alergi terhadap susu kedelai jika menunjukkan gejala-gejala seperti bengkak, ruam, susah nafas, mual dan muntah.

Tapi Bunda, jangan terlalu khawatir tentang efek samping susu kedelai ini, karena sampai sekarang belum ada penelitian lebih lanjut yang membuktikan apakah susu kedelai dan olahan kedelai lainnya benar memiliki efek samping pada Bunda yang sedang hamil atau tidak. Walaupun ada kasus terkait susu kedelai mengakibatkan migrain. Tapi, semua itu juga tergantung pada kondisi tubuh Bunda.

Bagi Bunda yang kurang menyukai susu sapi, susu kedelai bisa menjadi penggantinya. Mengkonsumsi susu kedelai saat hamil masih tergolong aman jika takarannya tepat dan tidak berlebih.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>