Ciri-Ciri Fisik Ibu Hamil Yang Jarang Diketahui

Ciri-Ciri-Fisik-Ibu-Hamil-Yang-Jarang-Diketahui

Disamping ciri-ciri fisik orang hamil pada umumnya, masih terdapat beberapa ciri-ciri fisik lainnya, yang jarang diketahui oleh masyarakat umum.

Berikut ciri-ciri fisik Ibu hamil yang jarang diketahui:

1.    Gangguan penglihatan

Perubahan hormone yang terjadi didalam tubuh Bunda yang sedang mengandung ini menyebabkan masalah penglihatan seperti mata kering dan gatal, tertama bagi Bunda yang menggunakan lensa kontak. Hal ini bisa disebabkan karena penumpukan cairan yang menyebabkan kornea bengkak. Agar lebih nyaman, Bunda bisa membatasi waktu bekerja di depan computer laptop atau kurangi kontak dengan hp dan cuci mata lebih sering.

2.    Rambut lebih lebat

Bunda yang sedang hamil atau mengandung, biasanya akan mengalami perubahan fisik seperti rambut yang lebih lebat dan berkilau, bukan hanya rambut kepala, tapi rambut yang berada diseluruh tubuh akan tumbuh lebat dan subur. Namun Bunda jangan khawatir, karena rambut-rambut ini akan rontok dengan sendirinya setelah proses persalinan nanti.

3.    Gusi berdarah

Bunda mungkin pernah mengalami gusi berdarah pada masa kehamilan. Hal tersebut bisa saja terjadi karena perubahan-perubahan pada tubuh Bunda. Pembuluh darah yang melebar, memundahkan terjadinya pendarahan termasuk pada gusi. Maka dari itu sangat penting untuk menjaga kebersihan mulut dan rutin melakukan pemeriksaan berkala untuk kesehatan mulut Bunda

4.    Ceroboh

Kehilangan keseimbangan bisa terjadi seiring dengan kandungan yang semakin membesar. Pusat dari massa tubuh Bunda akan berubah ketika proses kehamilan, sehingga Bunda cenderung bertindak ceroboh dan kurang keseimbangan. Maka dari itu Bunda harus lebih berhati-hati dalam melakukan berbagai aktivitas terutama saat menaiki tangga.

5.    Lupa

Mungkin anda tidak asing dengan istilah, “otak hamil” namun hal ini bisa jadi merupakan salah satu gejala yang mungkin dialami oleh ibuh hamil.

6.    Bercak hitam pada kulit

Gejal ini dikenal dengan chloasma atau melasma dan sering disebut sebagai “topeng kehamilan” gejala ini bisa disebabkan oleh perubahan hormon yang mempengaruhi pigmentasi kulit. Tapi ibu tidak perlu cemas, karena gejala tersebut tidak berbahaya, dan akan hilang sednirinya setelah melahirkan.

7.    Kaku di tangan

Bunda yang sedang hamil bisa saja mengalami kaku pada tangan, biasanya kaku pada tangan ini terjadi pada saat bangun tidur. Hal ini terjadi karena sirkulasi darah didaerah tangan yang tidak lancar, nadi yang tertekan saat tidur mengakibatkan timbulnya rasa seperti tertusuk jarum dan mati rasa.

8.    Perut terasa panas

Pada akhir-akhir bulan kehamilan ibu akan meraskan perutnya yang terasa panas. Hal ini bisa terjadi karena makan atau minum sebelum tidur. Asam lambung yang meningikat menyebabkan perut anda terasa panas.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>