Ciri-Ciri Fisik Orang Hamil

Ciri-Ciri-Fisik-Orang-Hamil

Pada saat memasuki awal kehamilan akan mulai tampak ciri-ciri fisik Bunda yang sedang hamil, hal ini disebabkan adanya perubahan kadar hormon HCG.  Peningkatan hormon inilah yang menyebabkan banyak perubahan secara fisik pada orang hamil. Tetapi perubahan fisik pada ibu hamil biasanya tidak akan terlihat jika masih memasuki usia 1-2 minggu, ciri-ciri fisik orang hamil akan terlihat pada umumnya di usia kehamilan sekitar 5-6 minggu.

Adapun ciri-ciri fisik orang hamil pada umumnya, sebagai berikut:

1.Tubuh tampak lelah

Bunda yang sedang hamil merasa kelelahan karena metabolism tubuh Bunda yang berubah, Tubuh Bunda akan bekerja lebih keras dari biasanya untuk mencukupi kebutuhan si Kecil yang sedang Bunda kandung. Hormon progesterone yang dihasilkan akan mempengaruhi proses metabolisme, dan hal ini yang membuat anda merasa lelah. Perbanyak istirahat dan tetap rileks ya Bund.

2.Mual muntah

Mual muntah ini ciri fisik yang mudah diamati. Perasaan ingin muntah dan mual ini wajar dalam hal medis. Penyebab mual muntah memang belum diketahui secara pasti, namun kemungkinan besar kerena aktivitas kerja hormon HCG yang meningkat pada tubuh Bunda akan membuat sinyal diotak yang akan menjadikan Bunda merasa lebih sensitive dan mual. Tetapi tidak perlu cemas, ciri-ciri ini akan hilang sendirinya saat ibu melewati masa kehamilan trisemester pertama (1-3 bulan).

3.Payudara terasa lebih lembut

Karena aktivitas hormon estrogen dan progesterone yang dihasilkan akan mulai meningkat, payudara akan menjadi lebih lembut dan membesar. disamping itu, di sekitar area puting payudara akan mulai terlihat membengkak dan adanya perubahan warna menjadi lebih gelap atau hitam.

4.Sering Buang Air Kecil

Bunda yang sedang hamil serng mengalami ini karena Rahim semakin lama semakin membesar dan akan menekan kandung kemih sehingga merangsang keinginan untuk buang air kecil terus menerus selama hamil. Seringnya berkemih, terkadang memang sangat megganggu terlebih pada malam hari, tetapi ada baiknya setiap anda ingin buang air kecil bersegeralah untuk pergi ke toilet karena jika tidak dilakukan ibu hamil akan beresiko terkena infeksi saluran kandung kemih karena bendungan urine yang lama tidak segera dikeluarkan.

5.Gangguan pada sistem pencernaan

Konstipasi atau sembelit ini sering terjadi pada Bunda yang sedang mengandung.  Hal tersebut terjadi bisa dikarenakan meningkatnya hormon progesteron yang akan melemaskan jaringan otot polos di seluruh tubuh, termasuk saluran pencernaan, sehingga proses penyerapan makanan menjadi lebih lebih lambat. Dan akibatnya perut akan terisi lebih banyak gas, bersendawa yang berlebihan, sembelit, dan terasa mulas

6.Bercak Darah

Bercak darah atau biasa disebut pendarahan implantasi terjadi karena proses penempelan janin dalam Rahim. Bercak ini bersiat normal jika darah yang kelaur tidak banyak dan tidak lebih dari satu hari. Jika ragu segeralah berkonsultasi dan periksa kedokter untuk memeriksakan kesehatan janin, meskipun bercak darah ini adalah hal yang wajar pada Bunda hamil sebagai salah satu ciri-ciri fisik orang hamil, curigai juga jika bercak darah disertai dengan adanya kram atau nyeri perut.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>