Flu dan Batuk

flu-dan-batuk

Flu dan Batuk, alergi atau infeksi ?

Anak sering kali mengalami batuk pilek hampir setiap hari, tidak menentu pada cuaca tertentu saja. Kondisi anak tersebut terkadang tidak kunjung sembuh walaupun dengan obat atau pengobatan lainnya. Pada umumnya ibu khawatir dengan keadaan anak yang seperti itu. Pilek dan batuk yang tak kunjung sembuh disebabkan oleh alergi pada anak, tetapi tidak menutup kemungkinan bila anak mengalami infeksi akibat virus. Tetapi sebenarnya tahukah ibu bahwa batuk pilek bisa disebabkan karena alergi atau infeksi virus? Bagaimana mengetahui tanda dan gejala alergi atau infeksi pada anak? Bagaimana penanganan anak terkait batuk dan pilek yang hilang timbul atau tak kunjung sembuh?

  • Batuk pilek sebagian besar disebabkan virus. Batuk, pilek akut dapat berlangsung hingga 2-3 minggu (IDAI). Batuk pilek yang disebabkan virus akan sembuh sendiri dengan peningkatan daya tahan tubuh.
  • Selain batuk akut, ada pula batuk kronis. Penyebab tersering batuk kronis (3 minggu) dan berulang (BKB) pada anak yaitu alergi, terutama anak yang menyandang asma atau rhinitis alergi.
  • Rhinitis alergi merupakan gejala bersin, pilek dan hidung gatal atau buntu yang sering terjadi di pagi hari.
  • Tata laksana batuk pilek karena alergi adalah dengan menghindari allergen dan memberi obat untuk mengurangi gejala dan kekambuhan.

 

 


Apakah cara penanganan batuk alergi dengan batuk karena infeksi sama ?

Mengatasi batuk pilek sebaiknya mencari penyebabnya, batuk pilek yang disebabkan virus akan sembuh sendiri dengan peningkatan daya tahan tubuh, Sedangkan batuk pilek karena alergi meliputi penghindaran allergen/ si Kecil alergi terhadap debu, udara dingin atau alergi protein.

Bagaimana cara mencegah terjadinya batuk pilek setiap bulan pada anak ?

Penatalaksanaan batuk harus diketahui terlebih dahulu penyebabnya, apakah si Kecil alergi atau batuk karena virus, untuk batuk alergi biasanya terjadi berulang kali serta kronik (3 minggu), hal ini dapat dicurigai bila terdapat riwayat atopi (alergi) pada keluarga. penanganannya cukup hindarkan si Kecil dari zat pemicu alergi tersebut, sedangkan batuk oleh virus disertai dengan demam, penatalakasanaannya tingkatkan daya tahan tubuh si Kecil.

Apakah ada obat alami untuk mengatasi batuk pilek pada anak ?

Mengatasi batuk pilek sebaiknya mencari penyebabnya, bukan mengobati batuknya. Batuk pilek yang disebabkan virus akan sembuh sendiri dengan peningkatan daya tahan tubuh, Sedangkan mangatasi batuk pilek karena alergi meliputi penghindaran allergen dan obat-obatan untuk mengurangi gejala dan kekambuhan.

Apakah benar yang dimaksud batuk alergi dan flu alergi adalah jika batuk hanya di pagi hari ? dan lendir yang dikeluarkan hidungnya berwarna bening ?

Bersin, pilek, dan hidung gatal atau buntu yang sering terjadi dipagi hari merupakan salah satu gejala rinitis (pilek) alergi. Gejala rinitis alergik berupa bersin-bersin disertai gatal-gatal pada hidung dengan ingus yang encer sebanyak kurang lebih 20 ml setiap jam. Gejala ini sering disertai gejala hidung tersumbat yang menyebabkan si Kecil rewel dan sulit tidur. Rasa gatal kadang-kadang terasa pada langit-langit dan telinga. Gejalanya gatal, merah dan berair pada mata sering menyertai gejala rinitis alergika. Kadang-kadang gejala rinitis alergika ini disertai gejala sinusitis yaitu peradangan sinus (rongga udara) disekitar hidung. Mengatasi batuk sebaiknya mencari penyebabnya, bukan mengobati batuknya. Batuk yang disebabkan virus akan sembuh sendiri degan peningkatan daya tahan tubuh. Sedangkan tata laksana bartuk pilek karena alergi meliputi penghindaran allergen dan obat-obatan untuk mengurangi gejala dan kekambuhan, gejala batuk pilek dapat dikurangi dengan memberi si Kecil banyak minum, madu dan jeruk nipis untuk si Kecil diatas setahun.

Bagaimana cara penanganan yang tepat untuk mengurangi dahak ?

Untuk mengurangi batuk berdahak si Kecil dapat diberikan dengan air putih hangat serta jemur dipagi hari karena efektif untuk mengencerkan dahaknya. Selain itu Ibu dapat gunakan terapi dengan cara air hangat yang diberi tetesan minyak hangat yang berbau mint, biarkan si Kecil untuk menghirup udara tersebut untuk meredakan dahaknya serta berikan asupan nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya seperti sumber vit c dan sup sayur. Salam

Apakah flu yang disebabkan oleh alergi dapat menular terutama ke sesama anak kecil ?

Flu atau influenza merupakan infeksi virus menular yang mempengaruhi sistem pernapasan. Virus influenza menyebar ketika orang yang terinfeksi mengalami batuk atau bersin.

Benarkah pilek berbeda dengan flu/influenza ? lalu bagaimana membedakan gejala dari keduanya ? dan bagaimana cara penanganannya ?

Pilek dan flu keduanya merupakan penyakit yang menyerang saluran pernapasan, namun keduanya memiliki penyebab dan gejala yang berbeda. Secara umum, gejala pilek lebih ringan daripada flu. Flu disebabkan oleh virus influenza, sementara serangan pilek dapat disebabkan oleh ratusan virus dan bakteri. Gejala pilek umumnya dimulai dengan tenggorokan yang sakit atau meradang, yang biasanya menghilang setelah satu atau dua hari. Hidung meler dan tersumbat, bersin-bersin, juga sangat sering mengikuti pada beberapa hari awal. Gejala flu biasanya berupa tenggorokan yang sakit/meradang, demam, sakit kepala, nyeri pada otot dan persendian tubuh, meriang (badan menggigil kedinginan), dan batuk kering. Pada flu, gejala berupa hidung tersumbat dan berair juga bisa terjadi, namun tidak terlalu sering. Batuk pilek yang disebabkan virus akan sembuh sendiri dengan peningkatan daya tahan tubuh, sedangkan untuk mengatasi batuk pilek karena alergi meliputi penghindaran allergen dan obat-obatan untuk mengurangi gejala dan kekambuhan. Batuk pilek karena alergi tidak menularkan.

 

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>