Hamil Di Usia 30-34 tahun? Yuk Ketahui Risikonya

Hamil-Di-Usia-30-34-tahun-Yuk-Ketahui-Risikonya

Banyak wanita yang menunda kehamilan karena alasan pekerjaan. Tidak sedikit wanita yang memutuskan untuk mulai hamil di usia 30 tahun ke atas, padahal hamil di usia 30-34 tahun banyak resiko dan tidak dianjurkan oleh dokter kandungan. Apa saja sih yang akan dihadapi oleh wanita yang hamil di usia 30 tahun ke atas? Yuk kita simak bersama.

  • Tubuh kamu

Pada usia 30 tahun, kesuburan wanita mulai menurun. Karena kesuburan mulai menurun makan dibutuhkan treatment untuk meningkatkan kesuburan agar bisa mengandung.

Untuk wanita di bawah usia 35 tahun, tingkat keberhasilan fertilisasi in vitro adalah sekitar 25-28%, dan persentase ini akan turun saat usia memasuki 30-34 tahun. Bukan hanya itu, sebuah penelitian menemukan bahwa potensi melahirkan dengan operasi cesar ternyata dua kali lebih tinggi pada wanita usia 30-34 dibandingkan mereka yang berusia 20-an.

  • Emosi diri

Berbeda dengan wanita yang hamil di usia 20 tahun-an, wanita yang hamil di usia 30 keatas lebih siap dalam hal emosi. Karena di usia 30, disinal wanita menyadari betapa pentingnya mempunyai anak dan ingin mengembangkan kehidupan rumah tangganya. Namun wanita yang hamil di umur 30 tahun tidak jarang memikirkan tentang kondisi tubuhnya. Mereka khawatir apakah tubuhnya masih bisa mengandung atau tidak.

  • Risiko terhadap bayi

Risiko yang dihadapi bayi saat kamu hamil di usia 30-34 tahun adalah tingkat keguguran yang cukup tinggi, yaitu 11,7% dibanding saat kamu berusia 20 tahun-an. Di samping itu, risiko bayi mengalami Down Syndrome dan lahir dengan kelainan atau cacat juga meningkat.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>