Kecukupan Vitamin agar Daya Tahan Tubuh Optimal

Kecukupan-Vitamin-agar-Daya-Tahan-Tubuh-Optima

Kecukupan Vitamin agar Daya Tahan Tubuh Optimal

Perubahan musim yang sedang terjadi, sering kali membuat anak menjadi mudah sakit, seperti demam, pilek hingga diare. Rendahnya daya tahan tubuh anak menjadi pemicu kondisinya menjadi kurang fit. Sebagai orang tua tentunya akan sangat khawatir terhadap kondisi anak. Pemberian makan yang cukup, bahkan dengan memberikan vitamin untuk anak terkadang tidak menjadikan kondisinya lebih baik. Apakah pemberian vitamin itu perlu bagi anak? Bagaimana jumlah vitamin yang tepat bagi anak agar terhindar dari berbagai penyakit? Apa yang sebaiknya dilakukan orangtua apabila kondisi anak tidak kunjung membaik walaupun sudah diberikan vitamin yang tepat?

Tips menjaga daya tahan tubuh anak supaya optimal :

-Pemberian ASI ekslusif usia 0-6 bulan, dan MPASI yang berkualitas dan kwantitas yang sesuai pada usia diatas 6 bulan.
-Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang.
-Rutin berolahraga sesuai umur dan aktifitas sehari hari.

Jenis Vitamin dan Mineral yang diperlukan agar daya tahan tubuh optimal :

-Vitamin A, C dan E, kaya akan antioksidan.
-Zink dan Selenium.
-Zat besi untuk membantu mengoptimalkan pembentukan hemoglobin dan membantu mengoptimalkan metabolisme.


Apakah vitamin bagi anak-anak harus berupa produk-produk yang di jual ? Bagaimana jika anak di beri menu variasi dari sayuran dan buah-buahan yang diolah sendiri, bisakah mencukupi kebutuhan gizi anak-anak ?

Pemberian vitamin tidak harus dari suplemen tambahan. Vitamin bisa diperoleh dari makanan alami seperti sayur dan buah. Pemberian sayur dan buah yang bervariasi dalam jumlah yang cukup setiap hari, sudah dapat mencukupi kebutuhan vitamin bagi tubuh si Kecil. Suplemen perlu diberikan kepada si Kecil apabila konsumsi buah dan sayuran yang kurang. Namun, jika si Kecil suka sayuran dan buah serta tidak ada gangguan makan, maka pemberian suplemen tidak diperlukan.

Usia brapa sang anak aman mengkonsumsi vitamin ?

Vitamin sangat dibutuhakn tubuh untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap optimal. Pemberian vitamin ini bisa dimulai sejak lahir misalnya dengan pemberian ASI secara optimal serta makan makanan yang bernutrisi. Dan untuk pemberian vitamin tambahan bisa diberikan tepat diusia si Kecil 1 tahun.

Jenis vitamin apa saja yang baik agar daya tahan tubuh lebih optimal? Apakah ada pengganti vitamin untuk membantu daya tahan tubuh lebih baik ?

Nutrisi yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil adalah nutrisi seimbang yang mengandung kalori, protein, lemak dan vitamin serta mikronutrien yang seimbang dengan pola 4 sehat dan 5 sempurna. Sayuran dan buah dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara memenuhi kebutuhan vitamin dan antioksidan. Melindungi dari demam, flu dan diare. Selain dengan asupan makanan yang bergizi seimbang, juga harus diperhatikan sanitasi lingkungan dan higiene (kebersihan diri) dari anak Ibu. Penggunaan suplemen dapat diberikan namun tidak secara rutin dan bukan sebagai pengganti makanan.

Vitamin apa yang cocok untuk anak agar berat badannya bertambah sesuai usianya dan untuk menjaga daya tahan tubuhnya ? sekarang si kecil usia 11 bulan.

Berat badan dipengaruhi dari beberapa faktor. Bisa dari keturunan, asupan nutrisi serta keaktifan si Kecil, berat badan untuk usia 11 bulan ini berkisar antara 7,5-11,6kg. Pemberian vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh tetap optimal Ibu bisa berikan makanan yang sehat dan bergizi seimbang, pemberian ASI yang cukup, kebersihan dan hygine si Kecil serta berikan makanan pendamping ASI yang memiliki kandungan protein yang berfungsi memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak serta kandungan zink yang membantu fungsi sel darah putih untuk melawan kuman/benda asing berbahaya bagi tubuh. Serta vitamin yang diperlukan oleh tubuh seperti Vitamin A, C dan E. Vitamin tersebut kaya akan antioksidan yang membantu dalam menjaga daya tahan tubuh si Kecil.

Apakah setiap anak harus diberikan vitamin ?

Suplemen perlu diberikan kepada anak apabila konsumsi buah dan sayuran yang kurang. Namun, jika anak suka sayuran dan buah serta tidak ada gangguan makan, maka pemberian suplemen tidak diperlukan.

Apakah seorang anak yang sedang daya tahan tubuhnya lemah harus selalu minum obat ? dan jenis makanan apa saja yang mengandung vitamin untuk menunjang daya tahan tubuh ?

Suplemen perlu diberikan kepada anak apabila konsumsi buah dan sayuran yang kurang. Namun, jika anak suka sayuran dan buah serta tidak ada gangguan makan, maka pemberian suplemen tidak diperlukan. Jenis makanan apa saja yang banyak mengandung vitamin untuk menunjang daya tahan tubuh optimal?

a. Yogurt

Memiliki kandungan non gizi yang disebut probiotics. Makanan ini dapat menurunkan kejadian batuk, demam. sakit tenggorokan dan infeksi telinga pada anak.

b. Kacang-kacangan, terutama kacang walnut

Memiliki kandungan omega-3 dan mampu menurunkan infeksi pernapasan pada anak

c. Sayuran dan buah-buahan yang berwarna merah, orange, kuning ataupun hijau.

Vitamin A dan betakaroten: apricots, asparagus, jagung, mangga, semangka, kale, labu, jeruk , tomat, bayam dan brokoli. Vitamin C: buah beri, brokoli, jeruk, pepaya, mangga, tomat, paprika, stroeri, jambu, melon, kiwi dan kale . Vitamin E: brokoli, wortel, bayam, labu, pepaya, kacang-kacangan, mustard, mangga dan biji matahari. Zinc: kerang, daging merah, daging unggas, kacang-kacangan, makanan seafood, gandum, buncis dan olahan susu Selenium: tuna, daging merah dan unggas, olahan roti dan beras/nasi Kandungan buah dan sayuran dapat menurunkan kejadian flu dan batuk pada anak.

d. Daging tanpa lemak

Memiliki kandungan protein yang berfungsi memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak serta kandungan zink yang membantu fungsi sel darah putih untuk melawan kuman/benda asing berbahaya bagi tubuh.

Apakah ada efek sampingnya apabila anak terlalu sering diberi suplemen vitamin tambahan?

Untuk pemberian vitamin ini saat diperlukan saja. Jika saat ini kebutuhan asupan nutrisi si Kecil terpenuhi Ibu tidak perlu berikan vitamin tambahan secara berlebihan. Ibu bisa berikan vitamin dan mineral dari buah atau sayuran.

Vitamin apa yang bagus buat anak ?

Vitamin yang ada di pasaran secara umum dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Pilihlah vitamin jenis multivitamin (vitamin A-B-C-D).

Apakah tidak bahaya buat ginjal balita jika diberi minum vitamin/suplemen makanan tiap hari ?

Vitamin diberikan jika si Kecil mengalami kekurangan vitamin. Selama asupan nutrisi si Kecil terpenuhi sebaikanya pemberian vitamin saat dibutuhkan saja. Ibu bisa berikan dengan vitamin dari buah-buhan atau dengan sayuranya agar lebih mudah diserap oleh tubuh si Kecil.

Bagaimana menjaga daya tahan tubuh si kecil tanpa harus imunisasi ?

Vitamin tidak mungkin menggantikan fungsi penting dari imunisasi sebagai pertahanan spesifik terhadap suatu penyakit. Sebaiknya si Kecil tetap di berikan imunisasi.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>