Kenali 10 Tanda Terjadinya Keguguran

Kenali-10-Tanda-Terjadinya-Keguguran

Sejuta rasanya saat mengetahui bahwa sedang hamil, bahagia yang tidak mampu diungkapkan dengan kata kata yang dirasakan oleh para wanita. Tentu Bunda sangat menjaga calon buah hati semaksimal mungkin dengan sepenuh jiwa. Lalu bagaimana jika tiba-tiba terjadi keguguran? Meskipun sedih, Bunda harus tetap tegar. Agar Bunda tahu apa saja ciri-ciri keguguran, yuk kita simak bersama.

  1. Merasakan sakit

Saat mengalami keguguran, pelvis akan mengejang, dan akan ada rasa sakit di perut yang terus-menerus. Rasa sakit tersebut dapat berlanjut hingga beberapa hari setelah pengejangan dan bahkan sebelum pengejangan terjadi.

  1. Pendarahan

Jika terjadi keguguran, akan terjadi pendarahan yang sangat banyak. Namun hal ini tidak berarti setiap pendarahan adalah keguguran karena hal tersebut juga bisa terjadi pada kehamilan normal.

  1. Kehilangan tanda kehamilan

Jika tanda-tanda kehamilan seperti morning sickness atau mual, keletihan, sakit pada bagian belakang tiba-tiba tidak lagi dirasakan, hal ini dapat diperkirakan adalah pertanda terjadinya keguguran.

  1. Denyut jantung bayi tidak dirasakan

Jika tiba-tiba denyut jantung tidak dapat dideteksi, dapat diperkirakan bahwa bayi di dalam kandungan tidak lagi hidup.

  1. Tidak ada pergerakan janin

Jika Bunda tidak lagi merasakan adanya pergerakan janin, segera lakukan pemeriksaan untuk memastikan kalu-kalau terjadi keguguran.

  1. Sakit di bagian belakang

Jika terasa sakit yang berkelanjutan di punggung, hal tersebut menjadi tanda terjadinya pengejangan dan dapat dijadikan sebagai indikasi keguguran.

  1. Perubahan test pack dari positif menjadi negatif

Jika Bunda merasakan tanda-tanda diatas, untuk memastikannya Bunda bisa mengecek dengan test pack. Jika hasilnya negative, bisa jadi Bunda keguguran.

  1. Serviks terbuka

Dalam kehamilan normal, serviks dalam keadaan tertutup. Jadi, jika serviks terbuka, dapat diperkirakan keguguran telah terjadi

  1. Jumlah hormone HCG turun

Hormon HCG adalah hormon yang menyesuaikan janin dengan keadaan tubuh Bunda, jadi jika hormon ini turun, maka dapat dipastikan terjadi keguguran.

  1. Darah dari vagina

Jika keluar darah dari vagina dan terdapat lembaran-lembaran seperti daging, dapat dipastikan keguguran telah terjadi.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>