Pencegahan Keputihan Saat Hamil

Pencegahan-Keputihan-Saat-Hamil

Tahukah Bunda, mengapa saat hamil muda Bunda mengalami keputihan? Keputihan terjadi karena perubahan hormon, saat hamil hormon meningkatkan produksi cairan vagina dan penurunan keasaman vagina dan akhirnya memicu keputihan.

Ada 2 keputihan, normal dan abnormal. Jika lendir yang keluar bewarna bening serta tidak banyak, maka itu bisa dikatakan normal. Tapi jika lendir yang keluar sangat banyak, sering, dan berbau tidak sedap Bunda perlu berhat-hati karna itu termasuk keputihan yang abnormal.

Keputihan yang keluar secara berlebihan dapat mengganggu pertumbuhan si Kecil walaupun dalam presentase kemungkinan yang sangat kecil. Keputihan yang berlebih tersebut biasanya terjadi akibat kuman yang bisa diatasi dengan obat sesuai resep dokter.

Lalu bagaimana mengatasi keputihan saat hamil? Pastinya Bunda harus lebih memperhatikan kebersihan vagina, usahakan untuk sering mengganti pakaian dalam Bunda. Pakailah pakaian dalam yang menyerap keringat dan jagalah vagina agar tetap kering dan tidak lembab.

Untuk menjaga vagina tetap kering, janganlah sesekali Bunda menahan untuk buang air kecil. Karena buang air kecil dapat menimbulkan resiko infeksi yang memungkinkan terjadinya keputihan. Solusinya, setelah Bunda buang air kecil, Bunda bisa mengeringkan vagina dengan handuk atau tisu sebelum memakai pakaian dalam.

Hindari penggunaan sabun vagina yang bersifat antiseptic, bersihkan saja dengan air yang mengalir. Hindari pula mandi atau berendam di air hangat karena jamur lebih suka tumbuh di tempat yang hangat.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>