Peranan Mikronutrien pada Perkembangan Otak si Kecil

Peranan-Mikronutrien-pada-Perkembangan-Otak-si-Kecil

Kecerdasan si Kecil tercermin dari asupan makanan yang dikonsumsi tiap harinya. Salah satunya kebutuhan gizi pada si Kecil yang perlu diperhatikan bahkan sejak dalam kandungan. Perkembangan otak si Kecil salah satunya ditentukan oleh asupan mikronutrien yang berasal dari makanan, yang meliputi vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang kecil, tetapi sangat penting untuk metabolisme di dalam tubuh. Apa saja kebutuhan mikronutrien yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak si Kecil? Berapa jumlah kebutuhan mikronutrien yang tepat?

Beberapa hal yang perlu Ibu perhatikan untuk mendukung perkembangan otak si Kecil adalah :

  • Perkembangan otak bayi sangat berkaitan dengan kualitas konsumsi gizi seimbang pada 1000 hari pertama kehidupan mulai dari masa konsepsi sampai usia 2 tahun.
  • Berikan ASI ekslusif untuk bayi usia 0-6 bulan dan tambahkan makanan pendamping ASI saat berusia 7 bulan atau lebih.
  • Makanan pendamping ASI yang dianjurkan berupa sayur, buah, ikan, ayam, telur, daging, tempe, tahu dan kacang-kacangan.
  • Seluruh makanan mengandung mikronutrient (vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin D, yodium, asam folat, selenium, kalsium, zat besi, kuprum, zinc, magnesium, DHA).
  • Kekurangan mikronutrient dalam jangka panjang akan beresiko anak mengalami gangguan struktur dan fungsi tubuh, termasuk tumbuh kembangnya.

Selama 6 bulan pertama menyusui, hanya ASI saja atau ASI eksklusif ini sangat cukup untuk si Kecil. Selama pemberian ASI eksklusif maka Ibu harus konsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Yuk kita simak beberapa tanya jawab tentang peranan mikronutrien pada perkembangan otak si kecil !!

 


Apa dampak apabila anak kekurangan vitamin dan mineral ? dan sumber vitamin apa saja yang bagus untuk perkembangan otak anak ?

Usi Kecil yang tidak mencukupi jumlah dan kualitas makanannya, dianjurkan untuk mendapatkan makanan tambahan dengan kandungan vitamin, mineral dan mikronutrien lain yang mencukupi seperti : vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin D, yodium, asam folat, selenium, kalsium, zat besi, kuprum, zinc, magnesium, DHA, dan EPA. Jika kurang maka tumbuh dan kembang anak akan terganggu, misal tumbuh gigi lambat, bicara lambat. Saat ini terdapat tabel komposisi mikronutrien, namun tidaklah praktis penggunaannya, sangat sulit diimplementasikan dalam bentuk makanan. Ikuti saja tumbuh anak dengan Kartu Menuju Sehat / KMS. Mikronutrien banyak terdapat pada bahan makanan nabati seperti biji, umbi, kacang, sayuran dan buah, serta dari bahan makanan hewani seperti lauk pauk.

Apakah ada ciri-ciri khusus untuk anak yang kekurangan mineral ?

Mineral di dapati dari kecukupan cairan, termaksud di dalamnya adalah, air putih. Anak yang kekurangan cairan, bisa di lihat dari kebiasaan BAK yang jarang, jika BAK warna urine kuning gelap. mudah lelah, kulit dan bibir yang kering. Saat si Kecil sudah diberikan makan, susu adalah sebagai pelengkap nutrisinya, pastikan kecukupan nutrisi utama dari makanan utamanya 3x sehari, 2x camilan dan cukup cairan.

Apa dampaknya jika kekurangan mikronutrient bagi perkembangan otak si kecil ? dan kapan saat yang tepat si kecil diberikan suplemen mikronutrient ?

Jika kurang maka tumbuh dan kembang anak akan terganggu, misal tumbuh gigi lambat, bicara lambat. Sejak si Kecil sudah di berikan makanan pendamping berikan makanan yang kaya akan mikronutrien, berasal dari bahan makanan nabati dan hewani. Pemberian suplement sesuaikan dengan kondisi si Kecil dan sudah saran dokter.

Kebutuhan gizi dan vitamin apa saja yang harus disiapkan untuk tumbuh kembang optimal otak si kecil mulai dari kandungan ?

Selama kehamilan dan menyusui, status kesehatan dan status ibu sangatlah penting untuk perkembangan otak pada bayi. Penting untuk konsumsi vitamin dan mineral secara lengkap dan teratur. Setelah bayi lahir selama 6 bulan diberikan ASI eksklusif. Seluruh vitamin dan mineral merupakan komponen penting bagi perkembangan otak bayi. Agar penggunaan supleman dan vitamin sesuai dengan kebutuhan, Ibu bisa konsultasi kembali dengan dokter.

Apa dampak yang didapat anak bila tidak mendapatkan mikronutrient ? dan apa saja jenis mikronutrien yang bagus untuk perkembangan otak anak ?

Jika kebutuhan mikronutrien tidak terpenuhi maka tumbuh dan kembang anak akan terganggu, misal tumbuh gigi lambat, bicara lambat. Perkembangan otak anak salah satunya ditentukan oleh asupan mikronutrien yang berasal dari makanan, yang meliputi vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang kecil, tetapi sangat penting untuk metabolisme di dalam tubuh. Penuhi kebutuhan mikronutrien si Kecil yang banyak terdapat pada bahan makanan nabati seperti biji, umbi, kacang, sayuran dan buah, serta dari bahan makanan hewani seperti lauk pauk.

Apakah Jika kekurangan mikronutrien akan berpengaruh pada kecerdasan si kecil ? Bukankah ada wacana bahwa kecerdasan ditentukan oleh faktor genetik ?

Perkembangan otak pada si kecil yang paling mempengaruhi adalah dimulai pada saat konsepsi sampai dengan usia 2 tahun, yang dikenal dengan 1000 Hari Pertama Kehidupan. Secara umum setiap individu mengalami perkembangan otak yang berbeda dengan individu lainnya. Seluruh vitamin dan mineral merupakan komponen penting bagi perkembangan otak bayi. Gen seseorang dapat berubah akibat pengaruh lingkungan dan makanan, jadi tempatkanlah anak2 kita pada suasana hidup sehat dan seimbang.

Apakah frekuensi minum air putih berpengaruh terhadap perkembangan anak ? dan bagaimana dengan asupan gizi anak yang tidak suka makan sayuran ?

Kecukupan cairan (air putih) sangat mempengaruhi proses metabolisme tubuh dan penyerapan asupan nutrisi. Bila anak sudah cukup cairan maka akan cukup pula buang air kecilnya. Ibu bisa sembunyikan sayur dan buah kedalam makanan kesukaan si Kecil. Seperti : perkedel, nugget, bakwan jagung atau sayur. Untuk buah, bisa disajikan dalam bentuk jus, sop buah atau puding. bahkan bisa membuat smoothies yaitu campuran sayur, buah dan es batu yang diblender, tinggal tambah gula atau madu secukupnya sesuai cita rasa.

Apa peranan mikronutrien itu ? dan sumber makanan apa saja yang menghasilkan mikronutrien ?

Peran mikronutrien sangatlah penting untuk melengkapi makronutrien agar dapat bermanfaat bagi tubuh anak yaitu tumbuh anak: tinggi dan berat, serta kembang anak: guling sendiri, duduk, merangkak, jalan, bicara. jika makronutrien cukup tetapi badan anak tidak cukup mikronutrien dalam jangka panjang maka anak akan berisiko untuk mengalami gangguan struktur dan fungsi tubuh. mikronutrien yang penting adalah vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin D, DHA, EPA, kalsium, magnesium, asam folat, yodium, selenium, zat besi, kuprum, zinc. Sumber makanan berasal dari nabati: sayur dan buah, biji2an; hewani: lauk pauk: ikan ayam telur daging.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>