Stimulasi kehamilan untuk perkembangan otak Anak

Stimulasi-kehamilan-untuk-perkembangan-otak-Anak

Kehamilan adalah masa pertumbuhan yang pesat dan terjadinya diferensiasi sel, baik untuk ibu dan janin. Stimulasi pada janin diperlukan untuk meningkatkan sel-sel otak, sehingga ukuran dan perkembangan otak janin berkembang dengan pesat dan meningkatkan kecerdasan otak bayi nantinya. Tidak hanya asupan makanan yang diperlukan untuk melakukan stimulasi pada janin, tetapi ada beberapahal yang Ibu perlu tahu untuk stimulasi kehamilan. Apa sebenarnya stimulasi kehamilan itu? Bagaimana pengaruhnya dengan perkembangan janin? Apa yang terjadi bila ibu tidak memberikan stimulasi kehamilan pada janin?

Stimulasi saat hamil dapat dilakukan untuk membantu perkembangan otak janin. Namun bukan menjadi yang utama, perkembangan otak janin dapat dibantu dengan gizi cukup, kurangnya stres dan aktivitas fisik.

Stimulasi yang dapat diberikan selama hamil :
-Stimulasi gizi dengan emenuhi semua kebutuhan zat gizi yang dibutuhkan janin.
-Stimulasi suara dengan mengajak janin berbicara.
-Stimulasi sentuhan.
-Stimulasi cahaya, stimulasi ini dapat menstimulasi otak dan mata janin.

 


 

Apakah ada pengaruh pada perkembangan otak janin jika sang ibu sering berkendara ?

Hal ini tidak ada pengaruhnya Bu. Yang terpenting adalah asupan gizi dan vitamin bagi otak janin harus diperhatikan oleh Ibu dengan dukungan suami. Selain itu, pemberian stimulasi yang tepat akan membantu perkembangan otak janin. Misalnya,

1) Stimulasi gizi, dengan memenuhi semua kebutuhan zat gizi yang dibutuhkan janin, seperti asam folat,kalsium, dan zat besi. Lakukan sejak awal kehamilan.

2) Stimulasi suara dengan ajak janin Ibu bicara, sekadar mengucapkan ‘selamat pagi’, atau bercerita seputar persiapan Ibu menghadapi kelahirannya. Bisa juga Ibu memperdengarkan musik, atau membacakan kitab suci dan doa pada janin. Lakukan sejak kehamilan memasuki trimester kedua ya atau sekitar bulan ke-5.
3) Stimulasi sentuhan. Sering-seringlah mengusap perut ketika Ibu mengajak janin bicara. Kadang, ia akan meresponnya dengan cara bergerak atau memberi ‘tendangan’. Lakukan sejak trimester kedua (28 minggu) hingga menjelang persalinan. 4) Stimulasi cahaya. Arahkan cahaya senter ke perut. Selain sebagai upaya mengenalkan konsep terang dan gelap, stimulasi ini bisa menstimulasi otak dan mata janin. Lakukan menjelang trimester ketiga.

Apakah benar mengkonsumsi seafood bisa membuat si bayi dalam kandungan jadi jenius ?

Seafood itu sebenarnya bagus untuk perkembangan janin. Namun, harus diperhatikan cara memasaknya sehingga efek negatif seperti zat-zat yang tidak baik dapat terhindar.

Bagaimana cara menstimulasi bayi pada kandungan ? apa cukup dengan mendengarkan musik pada bayi ?

Mendengarkan musik kesukaan ibu dapat membuat ibu dan janin rileks. Gelombang suara yang dipancarkan oleh musik, dapat merangsang perkembangan otak dan indera pendegaran janin.

Apakah dengan menstimulasikan janin dengan cara mendengarkan musik itu baik ? Bagaimana pengaruhnya terhadap janin ?

Stimulasi suara seperti memperdengarkan musik bisa di lakukan sejak kehamilan memasuki trimester kedua, yaitu sekitar bulan ke-5. Dimana saat ini janin sudah mulai dapat merespon suara dengan baik. Berikan alunan musik berirama tenang, seperti detak jantung Ibu. Sebaiknya menggunakan earphone agar terhindar dari radiasi.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>