Tips Atasi Penyakit Menular Pada Pergantian Musim

Tips-Atasi-Penyakit-Menular-Pada-Pergantian-Musim

Waktu pergantian musim telah datang, bagaimana cara melindungi si Kecil dari penyakit menular?

Cuaca akhir-akhir ini tidak menentu, membuat badan jadi tidak fit dan mudah terserang berbagai penyakit, seperti flu, pilek, bahkan batuk.

Pada anak-anak, penularannya bisa lebih mudah karena baik di sekolah maupun di taman bermain, kemungkinan terjadinya kontak pada waktu bermain bersama sangat besar. Terlebih kalau mereka bermain bersama dengan menggunakan mainan yang sama. Jika salah satu terinfeksi, mudah sekali menularkan pada anak-anak yang lain.

Bagi sebagian orang, penyakit ini bahkan sudah dianggap penyakit langganan yang selalu datang setiap kali terjadi perubahan musim.

Lalu, Apa saja penyebabnya? Bagaimana cara mengatasinya? Dan apa nutrisi terbaik yang harus dikonsumsi? Berikut penjelasannya

  • Apa yg menyebabkan batuk, apakah ini juga merupakan penyebab dari penularan penyakit di pergantian musim?

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh, penyebab tersering adalah infeksi virus. Selain itu dapat pula disebabkan oleh alergi. Perubahan musim juga dapat menyebabkan mudahnya terinfeksi flu/ common cold mom. Pastikan si kecil konsumsi airputih lebih banyak,dan pastikan si kecil dalam kondisi fit ( berikan asupan makanan yang bergiz cukup), optimalkan istirahat yang cukup.

  • Bagaimana cara pencegahannya, agar anak terhindar dari penyakit menular saat pergantian musim?

Saat perubahan musim pastikan si kecil dalam gizi optimal dan hindari kontak dengan orng sakit. Bila cuaca tidak baik/ berasap hindari keluar ruangan. Atur suhu ruangan saat tidur.

  • Jenis penyakit menular apa saja yg biasanya terjadi saat pergantian musim yg harus diwaspadai, selain flu & batuk?

Selain bapil (batuk pilek) pada perubahan musim dapat juga mencetuskan penyakit lain misal sakit mata, diare, dll.

  • Apakah nutrisi terbaik yg dapat dikonsumsi agar anak selalu sehat dan terhindar dr penyakit menular ?

Nutrisi terbaik adalah asi dan mpasi yang mengandung gizi seimbang. Asupan buah dan sayur ( sesuai umur) juga dianjurkan.

  • Perlindungan pertama apa yg harus di lakukan , jika anak terkena penyakit Batuk, Pilek, Demam, dan buang-buang air (Diare)?

Untuk batuk perbanyak asupan air putih, dan diare yang terpenting adalah mencegah dehidrasi dengan memberikan oralyte. Bila masih mengganggu/ memberat bawa konsultasi langsung ke dokter.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>